Holiday Vibes Sejarah Kampungku Rembang Bangkit Jawa Tengah



  

      Perkenalkan nama saya Farah Diba Fahlesy, Nim 1130023109, Mahasiswa unusa Prodi S1 Keperawatan. 


      Sejarah Kampungku adalah berada di provinsi Jawa Tengah, tepat ada di kota Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.  Kabupaten Rembang adalah Kabupaten paling timur yang ada di provinsi Jawa Tengah dan terletak di bagian pantai utara Jawa Tengah. Kabupaten Rembang terletak di antara garis koordinat 60°30' - 70°06' Lintang selatan dan antara 111°00 030' bujur timur. Di sebelah utara, wilayah Rembang bersinggungan langsung dengan Teluk Rembang (Laut Rembang) sementara di bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Tuban. Rembang bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Pati dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Blora. Kabupaten Rembang memiliki Luas Wilayah 101.408 Ha merupakan wilayah Kabupaten yang cukup luas di bandingkan dengan Kabupaten Kota atau lainnya di Provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar yakni 46,39 % merupakan dataran rendah di bagian utara di Kabupaten Rembang sedangkan di bagian selatan relatif lebih tinggi. wilayah bagian selatan ini mempunyai ketinggian antara 100 - 500 Mpdl (30,42% dari total wilayah Kabupaten Rembang) dan sisanya pada ketinggian 0 - 25 m dan 500 - 1.000 m. Wilayah Kabupaten Rembang memiliki Luas 45.205 Ha (46,58%) mempunyai kelerengan sebesar 0 - 2% sedangkan 33,233 Ha lainnya (43.18%) mempunyai kelerengan sebesar 2 - 15%. wilayah perbukitan dan pegunungan dengan kelerengan sebesar 15 - 40% dan > 40% masing-masing seluas 14.38% dan 4.86% dari total wilayah dari Kabupaten Rembang.       

    Rembang Bangkit dari provinsi Jawa Tengah memiliki singkatan yaitu (Bahagia, Aman, Nyaman, Gotong-royong, Kerja keras, Iman, Takwa). Terdapat 3 Julukan Rembang, dari The Cola of Java hingga Kota Garam, yaitu

1. The Cola of Java : Salah satu julukan Kabupaten Rembang adalah "The Cola of Java" atau Cola-nya Pulau Jawa. Julukan ini merujuk pada tanaman buah khas Rembang, yakni buah kawis atau kawista. Buah yang rasanya mirip dengan minunam karbonasi cola ini adalah kerabat dekat buah maja dan termasuk dalam jenis jeruk-jerukan. Karena keunikan rasanya maka buah kawis ini oleh masyarakat Rembang diolah menjadi minuman sirup dan dijadikan sebagai buah tangan khas Rembang.

2. Little Tiongkok : Selain mendapat julukan sebagai The Cola of Java, Kabupaten Rembang juga dijuluki sebagai little Tiongkok atau Tiongkok kecil. Menurut sejarahnya, julukan tersebut karena pada zaman dahulu, kawasan Lasem menjadi lokasi pendaratan awal dari orang-orang Tiongkok. Sehingga tidak mengherankan apabila kita berkunjung ke kawasan tersebut akan menjumpai perkampungan masyarakat Tionghoa dan bangunan bergaya arsitektur khas Tiongkok.

3. Kota Garam : terakhir atau julukan Rembang yang ketiga adalah Kota Garam. Dijuluki demikian karena faktanya Rembang memiliki wilayah pesisir sebesar 1.584,42 ha. Wilayah pesisir yang demikian luas tersebut dijadikan sebagai lahan  garam oleh mayoritas penduduk Rembang yang bekerja sebagai petani garam.

     Selain memiliki 3 julukan Rembang Jawa Tengah berhasil menghasilkan beberapa objek wisata yang hampir di minat oleh banyak orang, baik dari dalam maupun luar kota. Beberapa objek wisata yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat yaitu : Pantai Karang Jahe, Alun - alun kota Rembang, Museum R.A Kartini, Masjid Agung Rembang, Taman / pantai Kartini, Hutan Mangrove dan masih banyak lagi. Pesona beberapa objek wisata memiliki keindahannya masing - masing. Tentu saja untuk berfoto foto akan keindahan alamnya. Rembang Jawa Tengah juga mendirikan beberapa pabrik 2 diantaranya pabrik sepatu dan juga pabrik rokok. Rembang Jawa Tengah juga mendirikan gedung Palang Merah Indonesia tepatnya berada di jalan pantura, kota Rembang juga mendirikan TPI ( Tempat Pelelangan Ikan ) tepat berada di daerah Tasik Agung. Pada bagian instansi kesehatan Rembang memiliki 2 Rumah Sakit yaitu RSUD Dr. Soetrasno dan RS Bhina Bakti Husada dan terdapat beberapa puskesmas yang terkenal. Rembang Jawa Tengah terkenal akan gedung Haji yang berada di daerah rumbut malang biasanya gedung haji digunakan untuk acara acara tertentu sama halnya dengan gedung Balai Kartini memiliki tempat khusus untuk beberapa acara salah satu diantaranya adalah ekspo yang sering digunakan untuk mempromosikan barang ataupun kampus bagi calon mahasiswa. Selain itu Kota Rembang juga memiliki universitas cabang dari kota Semarang yaitu Universitas Diponegoro ( UNDIP ). Itulah sekilas tentang sejarah kampungku Rembang Jawa Tengah. 


Beberapa foto objek gedung yang berada di kota Rembang : 

1.  Alun - Alun Kota Rembang Jawa Tengah 

2. Masjid Agung Rembang Jawa Tengah 

 

3. Museum R.A Kartini Rembang Jawa Tengah 

 


   

 4. Tugu Berlambang 5 Sila Pancasila 

5. Gedung Balai Kartini Rembang Jawa Tengah 

6. Gedung Palang Merah Indonesia Rembang Jawa Tengah 

7. Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah 



Berikut Link YouTube Sejarah Kampungku Rembang Jawa Tengah : 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unusa Career Center

Resume Berita Unusa Ajak Pahami Penanganan Pasien hingga Jenazah Covid-19, Hima S2 Keperawatan Terapan Gelar Seminar Keperawatan